Address: Jl. Mayjen Sungkono,Pertokoan Wonokitri Indah, Blok S No.18, Surabaya Jatim 60225, ID
Phone (62) 8233 1177 886
Language :

  • YUK MANFAATKAN MEDIA SOSIAL KAMU!
    27 Sep

    YUK MANFAATKAN MEDIA SOSIAL KAMU!

    Promosi sangat berpengaruh terhadap volume penjualan yang maksimal, termasuk juga dalam bidang penerjemahan. Meskipun layanan penerjemahan yang ditawarkan sudah baik, akurat, serta dengan tarif yang relatif terjangkau, namun jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan memadai. Sementara itu, pada saat ini penggunaan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan lain sebagainya yang semakin marak mau tidak mau memaksa para penerjemah untuk meningkatkan model promosi mereka melalui media sosial. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk promosi? Berikut adalah tips promosi melalui media sosial yang dapat diterapkan.

     

    1. Berbagi Pengetahuan/Informasi

    Salah satu cara kreatif dalam mempromosikan jasa terjemahan melalui media sosial adalah dengan berbagi pengetahuan/informasi tentang layanan yang ditawarkan atau hal lain terkait dengan layanan tersebut. Beragam cara kreatif dalam berbagi pengetahuan/informasi pun bisa dilakukan, misalnya berbagi pengetahuan terkait bahasa dan penerjemahan, tips memilih penerjemah, dan masih banyak lainnya. Yang perlu diingat, pengetahuan/informasi yang dibagikan tidak boleh terlalu jauh dari layanan yang ditawarkan.

     

    2. Gunakan Hashtag (#)

    Strategi promosi lain yang efektif dilakukan melalui media sosial adalah seberapa akurat dan rajinnya kita menggunakan hashtag. Dalam hal ini, hashtag berperan sebagai discovery tool agar pengguna lain dapat menemukan apa yang telah di-post, bahkan untuk mereka yang bukan follower teman-teman. Misalnya, gunakan #penerjemah #translation agar postingan tersebut lebih mudah ditemukan oleh pembaca yang mencari topik tersebut. Oh iya, menurut beberapa artikel, penggunaan hashtag lebih dari dua tidak akan memberikan hasil yang optimal.

     

    3. Adakan kontes, kuis, atau giveaway

    Kontes, kuis, atau giveaway merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mempromosikan layanan melalui media sosial. Dengan menggunakan cara ini, layanan yang ditawarkan akan mendapatkan impresi yang tinggi dari target market. Selain itu, keterlibatan target konsumen juga akan sangat tinggi karena mereka pasti tertarik dengan hadiah yang diberikan. Namun, dengan catatan bahwa kontes, kuis, atau giveaway yang diadakan memang terkait dengan layanan yang ditawarkan.

     

    4. Miliki circle dengan minat yang sama

    Sebagai tempat berkumpulnya hampir seluruh orang di dunia, tidak jarang jika kita menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan minat di media sosial. Bahkan, mereka membentuk suatu komunitas atau grup. Nah, dengan mengetahui kesamaan minat tersebut, tentunya mereka bisa menjadi sasaran promosi. Kunci promosi melalui cara ini adalah dengan soft selling, yaitu cara promosi yang terkesan ramah namun persusif.

     

    5. Beriklan

    Promosi di media sosial juga bisa dilakukan melalui media iklan, seperti Sponsored Stories, Cost Per Click, paid-promote selebgram dan lain sebagainya. Dengan beriklan, konten teman-teman akan tersebar secara luas, sehingga reach semakin luas dan traffic berpotensi meningkat. Akan tetapi, sebelum beriklan, lebih baik teman-teman melakukan survei terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

     

    Bagaimana? Mulai ingin promosi melalui media sosial? Mari ikuti tips di atas agar layanan terjemah #temanpenerjemahku semakin laku di pasaran!