Address: Jl. Mayjen Sungkono,Pertokoan Wonokitri Indah, Blok S No.18, Surabaya Jatim 60225, ID
Phone (62) 8233 1177 886
Language :

  • PROSPEK KERJA UNTUK KAMU YANG PUNYA KEMAMPUAN BERBAHASA ASING
    30 Aug

    PROSPEK KERJA UNTUK KAMU YANG PUNYA KEMAMPUAN BERBAHASA ASING

    Pada era globalisasi seperti saat ini kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan. Apalagi untuk yang berkemampuan Bahasa Inggris, di mana telah digunakan sebagai bahasa internasional dan merupakan bahasa resmi di lebih dari 60 negara. Nah, mengingat kebutuhan yang akan terus ada, ragam profesi bagi para lulusan jurusan bahasa pun semakin beragam. Apa saja? Berikut beberapa profesi dan pekerjaan menjanjikan buat teman-teman yang berkemampuan bahasa asing.

     

    1. Pengajar Bahasa untuk Penutur Asing

    Untuk teman-teman yang suka mengajar, menjadi guru bahasa untuk penutur bahasa asing adalah pilihan yang tepat. Mempersiapkan rencana pelajaran, mencari materi, mengajar dan menilai pekerjaan murid, dan beberapa hal lain akan menjadi keseharian yang seru. Dan yang paling menarik, kita akan berkesempatan untuk mengenal murid dari berbagai negara.

    2. Jurnalis

    Profesi jurnalis nampaknya banyak dilirik, utamanya oleh para lulusan jurnalistik. Namun, profesi ini juga cocok untuk teman-teman yang berkemampuan bahasa yang paham harmonisasi antar paragraf dan tata bahasa dalam kalimat. Perlu diingat, teman-teman yang memilih profesi ini akan dituntut untuk bisa bekerja dilapangan maupun di studio.

    3. Eksekutif Periklanan

    Mendengar namanya saja keren sekali, hehe. Eksekutif periklanan adalah penghubung antara klien dan agen, sehingga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan jelas. Oleh karena itu, lulusan bahasa asing memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses komunikasi, terurama klien asing.

    4. Penerjemah

    Teman-teman yang menguasai minimal 2 bahasa yang termasuk dalam lingua franca sangat bisa masuk ke dunia penerjemahan. Profesi ini cukup diminati, selain penghasilan penerjemah yang tergolong tinggi, teman-teman juga akan belajar banyak hal dari setiap proyek yang dikerjakan. Terdapat dua pilihan di sini, yaitu translator yang hasil kerjanya berupa teks dan interpreter yang memberikan layanan terjemahan lisan.

    5. Editor/Penyunting Bahasa

    Dengan berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga turut berkembang. Tugas utamanya adalah menyunting naskah yang layak terbit atau layak diberikan ke klien. Pekerjaan ini cocok untuk teman-teman yang kompeten di bidang sastra asing.

    6. Copywriter

    Pasti sudah sering dengar tentang copywriter, ya? Yup, copywriter adalah profesi menulis teks untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa. Profesi ini semakin populer beberapa tahun terakhir dan cocok untuk teman-teman dengan kemampuan bahasa asing.

    7. Content Writer

    Meski sama-sama berhubungan dengan tulis-menulis, jangan samakan profesi ini dengan copywriter, ya. Content writer bertugas membuat konten tulisan atau artikel yang relevan sesuai isu atau tema yang diminta; tulisannya bersifat informatif.

    8. Ahli Forensik Bahasa

    Ahli forensik bahasa bertugas menganalisis bahasa pada panggilan darurat, surat bunuh diri, komunikasi ancaman dan media sosial selama proses hukum untuk firma hukum, polisi atau pemerintah untuk membantu menyelesaikan kejahatan dan lain sebagainya. Mereka bisa bekerja dengan CIA atau FBI juga loh! Keren ya? Namun perlu diingat, selain memiliki gelar sarjana bidang bahasa, teman-teman juga harus memiliki pengetahuan tentang prosedur hukum untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini.

    9. Leksikografer

    Mungkin tidak banyak yang mengenalnya, tetapi profesi ini adalah salah satu opsi yang patut dipertimbangkan, yaitu leksikografer. Dalam pekerjaannya, leksikografer bertugas untuk menulis, melakukan kompilasi dan mengedit kamus, baik itu dalam bentuk cetak ataupun yang dipublikasikan secara online. Misalnya, kamus bahasa asing, kamus pelajar, kamus istilah, dan lain sebagainya.

    10. Pemandu Wisata/Tour Guide

    Yang satu ini memang banyak diminati karena teman-teman bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata istimewa. Untuk menjadi tour guide, kemampuan bahasa asing dan pengetahuan tentang pariwisata perlu dimiliki. Selain itu, pekerjaan ini cocok untuk yang suka berpetualang dan berkenalan dengan orang-orang baru.

     

    Tertarik? Atau, sudah tentukan mau pilih yang mana? Yuk persiapkan diri dan jangan pernah lelah untuk belajar!